Wednesday 12 March 2014

Pengenalan FreeBSD (Apaan tuh ?)



"FreeBSD", ketika mendengar kata ini pasti setiap orang yang saya temui bertanya "Apaan tuh?", kalaupun ada yang tau ya paling hanya sekedar tau kalau FreeBSD itu adalah sebuah OS keluarga Linux. Tapi ternyata FreeBDS ini bisa dibilang buyutnya Linux yakni Unix. So, pastinya ada beberapa kesamaan, namun lebih banyak bedanya loh (sepengalaman saya pakai debian hehe..). Katanya juga si FreeBSD ini memiliki tingkat kemanan yang tinggi walaupun menggunakan settingan default OS tanpa tuning sama sekali WOW !!!
Penasaran ??

Sebelumnya apakah ada yang mengenal Om Andy Hidayat ?? Kalau belum, saya mau kasih tau sedikit info nih. Beliau adalah founder dari Komunitas Belajar FreeBSD yang kurang lebih setahun ini berdiri. Walaupun sudah ada komunitas pendahulunya, namun Om Andy sudah mendapatkan restu dari para sepuh FreeBSD untuk mengembangkan Komunitas Belajar FreeBSD Indonesia.

Visi Om Andy yakni menyebarkan virus setan merah di negara kita dan beliau rencana kedepannya akan membuat sebuah yayasan FreeBSD Indonesia dan FreeBSD Learning Center untuk membantu bagi siapapun warga Indonesia yg mau belajar lebih dalam tentang FreeBSD dengan tujuan untuk bisa lulus dalam BSD Certification. Karena you know what?? Di Indonesia sendiri pun kata beliau belum ada yg memiliki BSD Certification, karena bukan persoalan finansial yg sekali ikut sertifikasi $80 harus dikeluarkan, tapi karena sulitnya tes yg dilakukan hehehe... Seorang yang mampu menguasai FreeBSD akan dibandrol besar oleh tempat dia bekerja, apa lagi kalo punya sertifikatnya, udah ga ada obaaat deeeeh :D

Langsung aja simak FAQ yang diulas sama Om Andy tentang FreeBSD, check this out !!!

Apa itu FreeBSD ?
FreeBSD adalah Sistem Operasi canggih yang bisa digunakan pada mesin x86 (termasuk Pentium dan Athlon), amd64 (termasuk Opteron, Athlon 64 dan EM64T), UltraSPARC, IA-64 (Intel Itanium Prosesor), PC-98 dan arsitektur mesin ARM. FreeBSD berasal dari BSD, versi UNIX yang dikembangkan oleh Universitas California di Berkeley.

Apa saja kelebihannya ?
FreeBSD menawarkan fitur-fitur canggih pada jaringan, stabilitas, keamanan dan kecocokan yang masih
belum ada pada sistem operasi komersil terbaik saat ini.

Solusi Internet yang handal
FreeBSD termasuk apa yang dipertimbangkan sebagai implementasi referensi untukaplikasi TCP / IP, Protocol Stack 4.4BSD sangat ideal untuk aplikasi jaringan dan internet. FreeBSD menyediakan layanan jaringan yang kuat dibawah beban yang sangat berat dan menggunakan memori yang sangat efisien untuk mempertahankan respon yang baik dari beberapa ribu proses pemakai secara simultan.

Memiliki aplikasi yang berjumlah besar
FreeBSD didalamnya terdapat lebih dari 14000 paket-paket aplikasi yang siap di install seperti : Apache, Samba, MySQL, OpenOffice.org, KDE, GNOME, Mplayer, dan lain-lain. FreeBSD menyediakan sistem ports yang mengunduh sumbernya dari internet atau dari CD-ROM dan binari-binari yang sudah ter-compile, termasuk build dan install sistem pendukung-pendukungnya. Semua operasi ini diselesaikan secara transparan untuk si pemakai. Rata-rata binari GNU/Linux dapat dijalankan pada sistem FreeBSD, sebagai contoh : Acrobat Reader, Oracle, SAP/R3, Mathematica, Quake3 dan lain-lain tanpa adanya degradasi kecepatan pada sistem.

Instalasi FreeBSD sangatlah mudah
FreeBSD dapat di install dari berbagai media penyimpanan yang ada seperti CD-ROM, DVD-ROM, floppy disk, Pita Magnetik, Partisi MS-DOS atau jika kita mempunyai koneksi jaringan, kita dapat menginstallnya melalui anonymous FTP atau NFS.

FreeBSD itu gratis alias tidak berbayar
FreeBSD didapatkan secara gratis tanpa biaya dan termasuk sumber kode lengkap didalamnya. Fokus utama sumber kode pada sistem FreeBSD adalah dibawah lisensi standard BSD. Dimana berlawanan dengan Lisensi GPL yang digunakan kernel linux, lisensi BSD mengijinkan distribusi hasil kerja tanpa harus menyertakan sumber kodenya. Hal ini yang memberikan kebebasan perusahaan-perusahaan untuk menggunakan kode FreeBSD sebagai dasar produk berbayar mereka, yang terkadang apa yang sudah mereka buat dilepaskan kembali ke komunitas.

Dapat menangani beberapa tugas sekaligus
FreeBSD dapat digunakan untuk desktop, server, aplikasi tertanam. Sekarang FreeBSD bukan hanya sistem operasi server tetapi tujuan utamanya terletak pada si pemakainya, khususnya pendatang-pendatang baru yang berasal dari Windows dan GNU/Linux.

Sumber: Hidayat, Andy (2014). Pengenalan FreeBSD: Langkah-Langkah Instalasi FreeBSD dengan VMWare Workstation. Tangerang

Sebuah Cerita Berjuta Makna

1 komentar:

Abdul Rahman al Maidani said...

Saya ingin mencoba, tapi di vbox dulu

Post a Comment

Komentar yang bijak mencerminkan anda pembaca yang baik !

Categories

islam (20) Hobby (10) Allah (9) do'a (9) wanita (9) Hypnosis (7) surga (7) Tugas Database (6) Tugas Kuliah (6) ibadah (6) kafir (6) muslim (6) neraka (6) sholat (6) cinta (5) tahun baru (4) tutorial (4) agama (3) dosa (3) freebsd (3) hukum (3) jilbab (3) pria (3) Al-Qur'an (2) Computer (2) Dream Journal (2) baik (2) csc (2) dakwah (2) guacamole (2) hamba Allah (2) komputer (2) linux (2) malu (2) nabi (2) perayaan (2) rdp (2) remote desktop (2) sesat (2) ssh (2) syaitan (2) telnet (2) unix (2) virtualbox (2) vmware (2) vnc (2) yahudi (2) Apache (1) Computer Student Club (1) HAProxy (1) Layer 7 (1) Load Balance (1) Nginx (1) PNJ (1) Politeknik Negeri Jakarta (1) SSL (1) Tips (1) Webserver (1) adzan (1) artikel islami (1) asterisk (1) aurat (1) belajar (1) debian (1) freebsd 9.3 (1) gelombang otak (1) gnuradio (1) hati (1) hijab (1) ikhlas (1) install freebsd (1) internet (1) jujur (1) kemuliaan (1) khusyuk (1) merayakan (1) muharam (1) musik (1) openbts (1) puasa (1) rahmat (1) rasa (1) rasul (1) realita kehidupan (1) remaja (1) sains (1) sakit (1) salam (1) smqueue (1) ucapan (1) wudhu (1) yate (1)

Share it !!!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger