Tuesday 22 May 2012

Konsep Kerja Hipnotis

Sebelum kita melangkah lebih jauh, kenali dulu konsep kerja hipnotis itu sendiri ;)

Oke dibawah ini saya tampilkan sebuah gambar Gunung Es yang diumpamakan sebagai cara kerja otak kita yang sering tanpa kita sadari berpindah-pindah pada kondisi Alam Sadar ke Alam Bawah Sadar begitupun sebaliknya. Disini kita menyebut alam sebagai "pikiran" kita.



Seperti terlihat pada gambar, puncak gunug es yang terlihat dipermukaan itu sangat kecil dibandingkan pondasi gunung es yang berada dibawah permukaan air, apa artinya ??


Puncak gunung es yang terlihat kecil itu merupakan Pikiran Sadar, dan yang berada dibawahnya itu merupakan kondisi Pikiran Bawah Sadar. Jadi sekitar 12% kehidupan kita itu dikendalikan oleh Pikiran Sadar seperti yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, sisanya 88% jauh lebih dominan dikendalikan oleh Pikiran Bawah Sadar yang sering terjadi tanpa kita sadari, sebagai contoh:

  • Pikiran Sadar mengatur ego kita, diharuskan berpikir dan menganalisa setiap kejadian yang dialami. Dalam kehidupan sehari-hari contohnya mengontrol gerakan secara sadar seperti berlari untuk olahraga, mengingat untuk jangka pendek seperti memikirkan hitungan saat ulangan matematika.
  • Pikiran Bawah Sadar mengatur apapun yang tidak dilakukan oleh kemampuan berpikir kita, misalnya semua organ yang ditubuh kita bekerja secara otomatis tanpa kita perintah, kira-kira begitulah cara kerja Pikiran Bawah Sadar. Dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ketika anda sedang mengendarai motor atau mobil, apakah pernah anda berpikir apa yang harus anda lakukan ketika sedang mengemudi, kapan harus menarik gas, mengerem, ganti kopling, dll. Semua itu terjadi sinergis begitu saja tanpa kita sadari bener ga ?? :) Kecuali untuk yang baru belajar pasti mengalami kesulitan, mengapa demikian ? Karena terdapat Critical Factor (Critical Area) dalam pikiran kita yang akan dibahas pada paragraf selanjutnya.

Critical Factor (Critical Area), merupakan sebuah fenomena otak dimana semua informasi yang akan masuk ke dalam otak akan dianalisa karena sifatnya yang kritis. Disinilah otak kita mem-Filter atau membatasi apa saja yang boleh otak terima dan yang tidak, Fight or Flight !

Nah disini juga semua yang akan dilakukan seseorang akan di re-check, apakah sudah pernah dilakukan sebelumnya atau belum pernah sama sekali. Dimana jika sudah pernah dilakukan maka Critical Factor (Critical Area) akan memperbolehkan hal tersebut terjadi dan kita melakukan kegiatan yang hendak kita kerjakan, sebaliknya jika Critical Factor (Critical Area) mendeteksi adanya suatu informasi yang baru pertama kali dikenal, maka akan melakukan pemeriksaan ke Pikiran Bawah Sadar kita untuk mengkonfirmasi bahwa informasi yang sedang diterima merupakan suatu hal yang baru, maka dari itu pikiran kita menganalisa hal yang akan dilakukan itu baik untuk kita atau tidak, jika baik maka proses penyimpanan informasi tersebut akan direkam oleh Pikiran Bawah Sadar kita. 

Sekiranya begitulah penjelasan tentang Critical Factor (Critical Area) yang pada paragraf diatas diumpamakan saat kita pertama kali belajar mengemudi, yang pastinya kita akan kagok dan kaku menerima informasi yang baru karena disini otak kita sedang menganalisa kejadian yang sedang kita alami.


Jadi apa hubungannya konsep gunung Es diatas dengan hipnotis ?

Apa ya hubungannya ? hayoo kira-kira apa ? coba tebaaak hehehe...
Pikirkan sejenak sebelum melanjutkan bacanya...


















Sudah ketemu alasannya ? 


Tenang aja yang bingung justru bagus karena otak anda sedang bekerja hehehe...

Langsung aja untuk yang penasaran sama jawabannya, silahkan baca kesimpulan yang ada di bawah :)


Kesimpulan yang didapat dari konsep kerja hipnotis seperti yang saya jabarkan diatas yaitu:


  1. Kegiatan sehari-hari yang kita alami dipengaruhi besar oleh Pikiran Bawah Sadar kita yakni 88% dan sisanya oleh Pikiran Sadar sekitar 12%
  2. Setiap informasi yang kita terima akan melewati Critical Factor (Critical Area) untuk dianalisa, Fight or Flight !
  3. Dalam kondisi Hipnotis, kita akan mem-bypass yang namanya Critical Factor (Critical Area) , jadi otak kita tidak melakukan yang namanya analisa sehingga apapun informasi yang kita dapat saat kondisi hipnotis akan langsung masuk ke Pikiran Bawah Sadar kita dan tertanam dengan kuat !
  4. Dengan memahami konsep kerja hipnotis ini maka anda menyadari betapa HEBATNYA kekuatan otak yang kita miliki !!

Sekarang saya yakin anda sudah memahami konsep kerja hipnotis !!
Apakah anda bersiap untuk menjelajahi dunia hipnotis yang akan merubah hidup anda menjadi lebih baik dari sekarang ??

ARE YOU READY !!!

LET'S GOOO !!!

SEE YOU IN NEXT POST ;)


Sumber: Hasil Pembelajaran dan Pengalaman Pribadi

Sebuah Cerita Berjuta Makna

2 komentar:

terkondang said...

berarti semua orang bisa dikatakan dapat melakukan hipnotis ya ??

Unknown said...

yup betul sekali setiap orang pasti bisa melakukan hipnotis, kuncinya adalah saling dapat memahami komunikasi antara client dan juru hipnotis

Post a Comment

Komentar yang bijak mencerminkan anda pembaca yang baik !

Categories

islam (20) Hobby (10) Allah (9) do'a (9) wanita (9) Hypnosis (7) surga (7) Tugas Database (6) Tugas Kuliah (6) ibadah (6) kafir (6) muslim (6) neraka (6) sholat (6) cinta (5) tahun baru (4) tutorial (4) agama (3) dosa (3) freebsd (3) hukum (3) jilbab (3) pria (3) Al-Qur'an (2) Computer (2) Dream Journal (2) baik (2) csc (2) dakwah (2) guacamole (2) hamba Allah (2) komputer (2) linux (2) malu (2) nabi (2) perayaan (2) rdp (2) remote desktop (2) sesat (2) ssh (2) syaitan (2) telnet (2) unix (2) virtualbox (2) vmware (2) vnc (2) yahudi (2) Apache (1) Computer Student Club (1) HAProxy (1) Layer 7 (1) Load Balance (1) Nginx (1) PNJ (1) Politeknik Negeri Jakarta (1) SSL (1) Tips (1) Webserver (1) adzan (1) artikel islami (1) asterisk (1) aurat (1) belajar (1) debian (1) freebsd 9.3 (1) gelombang otak (1) gnuradio (1) hati (1) hijab (1) ikhlas (1) install freebsd (1) internet (1) jujur (1) kemuliaan (1) khusyuk (1) merayakan (1) muharam (1) musik (1) openbts (1) puasa (1) rahmat (1) rasa (1) rasul (1) realita kehidupan (1) remaja (1) sains (1) sakit (1) salam (1) smqueue (1) ucapan (1) wudhu (1) yate (1)

Share it !!!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger