Sunday 20 May 2012

Sejarah Perkembangan Hipnotis




Hypnosis atau hipnotis, sebuah kata yang sudah sering kita dengar, sebuah kata yang selain menimbulkan perasaan seram dan was was, juga sering menimbulkan rasa ingin tahu orang yang mendengarnya, apa itu sih hipnotis? Benarkah hipnotis itu berbahaya dan harus dihindari?

Untuk itu saya akan menceritakan sedikit tentang sejarah perkembangan Hypnosis…

v  Zaman Prasejarah

Dalam sejarah peradaban manusia, Hipnotis sudah dikenal dan dipraktekkan sejak ribuan tahun yang lalu oleh berbagai bangsa dan kebudayaan kuno di dunia. Namun pada zaman tersebut pratek hipnotis masih dilakukan dengan upacara & ritual yang berbau mistik / tahyul oleh para pendeta dan hanya diturunkan kepada murid murid yang terpilih.


v  Tahun 4000 BC (sebelum Masehi)

Berdasarkan penemuan dari gambar di dinding gua yang berasal dari tahun 4000 sebelum masehi, metoda mirip hipnotis sudah di praktekkan bangsa Assyro-Babylonia dalam ritual di kuil kuno mereka. Berbagai penyakit bisa disembuhkan dan rasa sakitpun bisa dihilangkan oleh para pendeta yang menggunakan obor sebagai objek untuk memfokuskan konsentrasi sang pasien. Trance juga dimunculkan dengan tarian tarian ritual untuk memanggil para dewa yang akan mengusir roh jahat pembawa penyakit tersebut.


v  Tahun 2000 BC

Dari catatan sejarah juga diceritakan bahwa Wong Thai, sang pelopor pengobatan tradisional Cina, juga mengajarkan muridnya cara menggunakan fenomena trance dalam pengobatan berbagai penyakit.

Di India, Hindu Veda mengembangkan metoda penyembuhan dengan memfokuskan perhatian pasien pada organ atau bagian tubuh yang sakit dan yang membutuhkan penyembuhan.


v  Tahun 1552 BC

Di dokumen kuno Eber Papyrus menceritakan tentang penggunaan metoda mirip hipnotis dalam pengobatan oleh bangsa Mesir kuno, dimana dokter akan meletakkan tangannya di atas kepala pasien dan konsentrasi pada organ dan bagian tubuh yang sakit sambil menyalurkan energi penyembuhan, metoda tersebut dikenali pada zaman sekarang sebagai metoda penyembuhan diri melalui sugesti dan visualisasi oleh sang pasien.


v  Tahun 928 BC – Operasi tanpa rasa sakit

Tulisan literatur dari zaman ini menceritakan tentang bagaimana seorang dokter Yunani yang bernama Chiron menciptakan keadaan trance pada pasien sebelum melakukan operasi, keadaan trance tersebut diciptakan dengan pembacaan doa doa oleh pasien dengan tujuan untuk memanggil dewa dewa dan dengan dibarengi penggunaan wewangian yang sekarang juga dikenal dengan sebutan “Aroma Therapy”.


v  Tahun 400-377 BC – Pendekatan Holistik

Hipnotis juga digunakan oleh Hipocrates, seorang dokter dari Yunani yang terkenal dan seorang pelopor ilmu kedokteran modern. Pada saat itu Hipocrates berpendapat bahwa penyakit yang diderita oleh seseorang berhubungan dengan karakter dan kepribadian orang tersebut, dan pada zaman sekarang, teori tersebut menjadi prinsip dasar dari teori “Psychosomatic Medicine”. Hipocrates juga berpendapat, bahwa banyak penyakit bisa disembuhkan hanya dengan dengan visualisasi / imajinasi. Dalam era ini hipnotis juga banyak di praktekkan oleh bangsa Romawi yang sebagian besar kebudayaannya dipengaruhi oleh kebudayaan bangsa Yunani.


v  Tahun 300-270 BC – Kuil Tidur di Mesir

Raja Imhotep, salah satu dari raja yang juga seorang pendeta dari Mesir, mempraktekkan penyembuhan dengan metoda hipnotis di dalam kuilnya yang terkenal dengan sebutan “Sleep Temple” dimana kuil tersebut selain dipakai sebagai tempat persembahan kepada dewa, juga dipakai sekaligus sebagai tempat penyembuhan penyakit.



Sumber: http://tranzworks.com/sejarah-hypnosis-1/

Sebuah Cerita Berjuta Makna

0 komentar:

Post a Comment

Komentar yang bijak mencerminkan anda pembaca yang baik !

Categories

islam (20) Hobby (10) Allah (9) do'a (9) wanita (9) Hypnosis (7) surga (7) Tugas Database (6) Tugas Kuliah (6) ibadah (6) kafir (6) muslim (6) neraka (6) sholat (6) cinta (5) tahun baru (4) tutorial (4) agama (3) dosa (3) freebsd (3) hukum (3) jilbab (3) pria (3) Al-Qur'an (2) Computer (2) Dream Journal (2) baik (2) csc (2) dakwah (2) guacamole (2) hamba Allah (2) komputer (2) linux (2) malu (2) nabi (2) perayaan (2) rdp (2) remote desktop (2) sesat (2) ssh (2) syaitan (2) telnet (2) unix (2) virtualbox (2) vmware (2) vnc (2) yahudi (2) Apache (1) Computer Student Club (1) HAProxy (1) Layer 7 (1) Load Balance (1) Nginx (1) PNJ (1) Politeknik Negeri Jakarta (1) SSL (1) Tips (1) Webserver (1) adzan (1) artikel islami (1) asterisk (1) aurat (1) belajar (1) debian (1) freebsd 9.3 (1) gelombang otak (1) gnuradio (1) hati (1) hijab (1) ikhlas (1) install freebsd (1) internet (1) jujur (1) kemuliaan (1) khusyuk (1) merayakan (1) muharam (1) musik (1) openbts (1) puasa (1) rahmat (1) rasa (1) rasul (1) realita kehidupan (1) remaja (1) sains (1) sakit (1) salam (1) smqueue (1) ucapan (1) wudhu (1) yate (1)

Share it !!!

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger